Perempat Final Euro 2020 -  Prediksi Swiss vs Spanyol

Dunia Bola Amir Machmud —Jumat, 2 Jul 2021 10:46
    Bagikan  
Perempat Final Euro 2020 -  Prediksi Swiss vs Spanyol
Alvaro Morata, Spanyol. Foto: UEFA.com

MATA JATENG

Euro 2020 sudah sampai ke babak perempat final. Malam ini akan dibuka dengan pertandingan antara Swiss vs Spanyol. Meskipun menang secara materi pemain, Timnas Spanyol tak bisa meremehkan Timnas Swiss.

Spanyol dan Swiss sama-sama melakoni laga berat pada babak 16 besar. Spanyol baru memastikan kemenangan pada babak tambahan setelah bermain imbang 3-3 dengan Kroasia pada waktu normal. Alvaro Morata dan Mikel Oyarzabal menentukan kemenangan Tim Matador.

Sebelum menundukkan Kroasia, Tim Matador memupus harapan Slovakia untuk lolos ke babak 16 besar dengan meraih kemenangan 5-0. Hasil itu membuat Slovakia gagal meraih satu dari empat tiket posisi ketiga terbaik.

Sementara Swiss secara mengejutkan menyingkirkan juara Piala Dunia 2018, Prancis, yang tampil dengan kekuatan penuh. Sempat tertinggal 3-1, Swiss menunjukkan semangat pantang menyerah sehingga mampu mencetak dua gol pada 10 menit terakhir waktu normal.

Mereka pun sukses menahan gempuran skuad Ayam Jago pada dua babak tambahan waktu. Pada babak adu penalti, penjaga gawang Yan Sommer menjadi pahlawan ketika menggagalkan eksekusi Kylian Mbappe yang menjadi penendang terakhir Prancis.

Bagi Timnas Swiss, ini merupakan pertama kalinya mereka menembus babak peremapat final Euro. Performa Xherdan Shaqiri cs pun dinilai akan terus menanjak di putaran final Piala Eropa 2020 dengan sukses menorehkan sejarah tersebut.

Soal materi pemain, Timnas Spanyol juga bisa dibilang sedikit lebih memiliki pemain bintang. Mulai dari penjaga gawang hingga penyerang, Luis Enrique diberkahi para pemain top yang berlaga di liga-liga top Eropa. Spanyol juga bisa diunggulkan jika melihat rekor pertemuan dengan Swiss. Kedua tim pernah bertemu sebanyak 22 kali sebelumnya. Timnas Spanyol meraih 16 kemenangan sementara Timnas Swiss hanya satu kali menang, lima laga lainnya berakhir imbang. Meskipun demikian, dalam satu dekade terakhir Swiss mampu mengimbangi Spanyol. Kedua tim berbagi satu kemenangan dan dua laga lainnya berakhir imbang sejak 2010.

Swiss sedikit kurang beruntung karena absennya Granit Xhaka. Gelandang bertahan Arsenal yang diisukan akan hengkang ke AS Roma itu harus menjalani hukuman larangan bermain karena akumulasi kartu kuning.

Pelatih Vladimir Petkovic belum memastikan siapa yang akan menggantikan Xhaka, akan tetapi media-media Swiss memprediksi posisi itu akan diisi oleh gelandang Borussia Moenchengladbach, Dennis Zakaria.

Selain Xhaka, Petkovic diprediksi akan menurunkan susunan pemain yang mirip seperti pada laga kontra Prancis.

Berikut prediksi susunan pemain laga perempat final Euro 2020 antara Swiss vs Spanyol:

Swiss (3-4-1-2): Sommer; Elvedi, Akanji, Rodriguez; Widmer, Freuler, Zakaria, Zuber; Shaqiri; Embolo, Seferovic

Spanyol (4-3-3): Simon; Azpilicueta, Garcia, Laporte, Alba; Koke, Busquets, Pedri; Sarabia, Morata, F Torres

Dengan menumpuk pemain di lini tengah, Timnas Swiss jelas ingin membatasi penguasaan bola Timnas Spanyol. Strategi itu cukup sukses pada laga kontra Prancis. Saat itu, mereka hanya kalah tipis dari skuad asuhan Didier Deschamps soal penguasaan bola.

Akan tetapi Spanyol bukan tim sembarangan. Statistik menyebutkan bahwa mereka merupakan tim dengan rata-rata penguasaan bola tertinggi di Euro 2020 dengan 67,5 persen. Kroasia yang memiliki lini tengah dengan pemain seperti Luka Modric, Marcelo Brozovic dan Mateo Kovacic saja mampu mereka kendalikan permainannya.

Laga perempat final Euro 2020 antara Swiss vs Spanyol akan berlangsung pada Jumat malam 2 Juli 2021 pukul 23.00 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh MolaTV.

Editor: Hasan
    Bagikan  

Berita Terkait