Mitos atau Fakta? Keberadaan Sosok Nyi Roro Kidul Sang Ratu Pantai Selatan

Lifestyle —Jumat, 18 Jun 2021 11:47
    Bagikan  
Mitos atau Fakta? Keberadaan Sosok Nyi Roro Kidul Sang Ratu Pantai Selatan
Nyi Roro Kidul | Ilustrasi/Pinterest

MATAJATENG

Sebagian masyarakat Indonesia masih memiliki kepercayaan terhadap keberdaan makhluk gaib. Salah satunya sosok dewi legendaris yang banyak diperbincangkan masyarakat sekitar yaitu Ratu Pantai Selatan.

Biasa dikenal dengan sebutan Nyai Roro Kidul. Bagi masyarakat Jawa, ia merupakan sosok yang sangat ditakuti dan dihormati hingga sekarang. Bahkan Nyai Roro Kidul Terkenal bukan hanya di dalam negeri saja, orang luar negeri juga penasaran dengan kisah Ratu pantai selatan ini.

Baca juga: Simak Tips Berikut untuk Mencerahkan Wajah yang Terlihat Kusam

Diantara rumor dan cerita yang beredar, berikut ini mitos atau fakta yang ramai menjadi perbincangan Nyai Roro Kidul

  1. Sedekah Bumi/Laut

Sedekahlaut merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh para nelayan untuk menghormati keberadaan sosok Ratu Pantai Selatan.

Setiap tanggal 6 April, para nelayan melakukan sedekah laut dengan memberikan sesembahan kepala kerbau serta sesaji lainnya. Sebenarnya bukan hanya untuk menghormati Nyai Roro Kidul, mereka juga meyakini bahwa hal ini dapat memberikan keselamatan saat berlayar, perlindungan serta hasil tangkapan ikan yang melimpah.

  1. Larangan Memakai Baju Hijau

Baju Hijau identic denngan Nyai Roro Kidul, konon dirinya sering mengenakan baju berwarna hijau sehingga jika ada seseroang yang mengunjungi laut dengan warna tersebut, Nyai Roror kidul akan marah karena ada yang berusaha menyaikinya.

Baca juga: Kemenangan Italia dengan Skor 3-0 Membawa ke Babak 16 Besar Euro 2020

Kabar yang beredar orang tersebut akan diambil Nyai roro kidul dan tenggelam di laut. Konon katanya, orang yang hilang itu telah menjadi tumbal sang Ratu Pantai Selatan. Sedangkan bagi mereka yang keturunan Prabu Siliwangi akan dijadikan selir atau tentara Keraton Kidul. Karena hal tersebut, muncul himbauan agar pengunjung tidak berpakaian hijau.

  1. Tempat Penghubung pintu Nyai Roro Kidul

Ada beberapa tempat yang dipercaya sebagai penghubung antara dunia nyata dengan dunia Nyai Roro Kidul, di antaranya: Pantai Pelabuhan Ratu di Jawa Barat, Keraton Surakarta Hadiningrat, Pantai Sembukan, Pantai Parangtritis, dan Vihara Kalyana Mitta. Salah satu tempat yang paling terkenal adalah Hotel Inna Samudera di kawasan Pelabuhan Ratu

Itulah Mitos dan Fakta tentang Ratu pantai selatan yang telah beredar luas di masyarakat/RS/put

 

Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait