Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh

Lifestyle —Rabu, 14 Jul 2021 14:32
    Bagikan  
Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh
Image/Pinterest

MATA JATENG

Daun kelor adalah tanaman tropis yang dari dulu telah di manfaatkan sebagai obat tradisional. Tanaman ini dapat dikenali dari bentuk daunnya yang kecil. Walaupun bentuk daunnya kecil, tetapi manfaat daun kelor tidak diragukan lagi. Daun kelor juga mengandung banyak nutrisi, diantaranya yaitu:

  • Protein: 2 gram
  • Vitamin B6: 19% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Vitamin C: 12% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Zat besi: 11% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Riboflavin (vitamin B2): 11% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Vitamin A: 9% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Magnesium: 8% dari rekomendasi konsumsi harian

BACA JUGA: Resep Minuman: Cara Membuat Jamu Beras Kencur, Minuman Herbal Penambah Nafsu Makan


Kaya akan antioksidan

Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi, dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes melitus tipe 2, hingga penyakit jantung.

Membantu menurunkan kadar gula darah

Daun kelor juga disebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sayangnya, belum banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat daun kelor dalam hal ini.

Membantu meredakan peradangan

Daun kelor mengandung isotiosianat, yang merupakan zat antiperadangan. Sehingga, tumbuhan ini dipercaya dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi di tubuh.

Menurunkan kolesterol

Manfaat daun kelor yang disebut dapat membantu menurunkan kolesterol, membuatnya menjadi incaran banyak orang. Pada daun kelor, efek penurun kolesterolnya disebut mirip dengan almond dan oats.

Melindungi tubuh dari keracunan arsen

Pada penelitian yang dilakukan di hewan uji, daun kelor disebut dapat melindungi tubuh dari racun arsenik, yang tidak jarang bisa masuk ke tubuh melalui kontaminasi makanan dan air.

Membantu mengatasi kanker

Manfaat daun kelor lain yang tak kalah hebat adalah kemampuannya dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini membuat daun kelor juga berguna dalam membantu kemoterapi lebih efektif. Baik untuk daya ingat

Kandungan antioksidan serta zat-zat kimia yang ada dalam daun kelor, dipercaya dapat meredakan stres dan peradangan di otak. Hal ini membuatnya baik untuk meningkatkan daya ingat.

BACA JUGA: Simak Tips Berikut untuk Mencerahkan Wajah yang Terlihat Kusam


Baik untuk jantung

Ekstrak daun kelor, disebut berpotensi mengatasi dislipidemia, salah satu jenis penyakit jantung akibat naiknya kadar kolesterol serta trigliserida di tubuh.

Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam daun kelor membuatnya dipercaya dapat membantu mencegah anemia. Meski begitu, penelitian lebih jauh masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat daun kelor ini.

Berpotensi mengatasi infeksi bakteri

Ekstrak daun kelor, juga dipercaya dapat membantu meredakan infeksi yang terjadi akibat bakteri. Pasalnya, tanaman ini mengandung bahan yang bersifat antimikrobial, sehingga mampu memusnahkan bakteri, terutama bakteri berjenis gram positif.

Daun Kelor bisa diolah dengan cara di buat sayur atau di jus dan di ambil sarinya, berikut ini cara membuat sayur bening daun kelor

BACA JUGA: Resep Makanan: Cara Membuat Roti Pizza Cocok Untuk Sarapan


Bahan

100g daun kelor

3 siung bawang putih, iris

4 butir bawang merah, iris

1lembar daun salam

700ml air, untuk merebus

2sdt Kaldu Ayam

1 ruas kencur

Cara membuat

1Didihkan air, masukkan bawang putih, bawang merah, dan daun salam.dan kencur

Masukkan daun kelor, Kaldu Ayam, aduk. Sajikan.

Editor: Lila
    Bagikan  

Berita Terkait