Kerokan Bisa Membuat Pembulu Darah Pecah? Simak Pejelasan Berikut Ini

Lifestyle —Sabtu, 17 Jul 2021 11:47
    Bagikan  
Kerokan Bisa Membuat Pembulu Darah Pecah? Simak Pejelasan Berikut Ini
Image/Pinterest

MATA JATENG

Kerokan merupakan salah satu kegiatan yang di lakukan ketika masuk angin. Sebagian orang percaya bahwa dengan kerokan, maka angin yang masuk ke badan akan keluar. Tetapi kenyataannya dengan kerokan bisa membuat pembuluh darah pecah.

Kebanyakan orang Indonesia, jika mengalami masuk angin, biasanya akan diatasi dengan kerokan. Kerokan sendiri dikenal sebagai terapi pengobatan alternatif dengan menggosok atau menekan bagian permukaan tubuh, yang dipercaya bisa 'mengeluarkan' angin.

Faktanya, metode menggosok dan menekan permukaan tubuh ini malah menyebabkan nyeri pada kulit. Warna kulit yang berubah setelah dikerok adalah tanda bawa pembuluh darah halus (kapiler) di bawah permukaan kulit pecah. Sebetulnya ini membahayakan, karena ketika pembuluh darah pecah, maka dapat menjadi sarang kuman dan bisa menyebabkan infeksi lokal atau kondisi lebih berat karena kuman terbawa aliran pembuluh darah ke seluruh bagian tubuh.

BACA JUGA: Mengkonsumsi Bawang Putih dapat Menurunkan Tekanan Darah? Simak Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh Berikut Ini


Penyebab dan Gejala Masuk Angin

Sama halnya jika kamu terserang penyakit flu, gejala yang sering kamu rasakan mulai dari badan demam dan lelah, bahu terasa keras ketika ditekan, kepala pusing, hidung tersumbat, perut kembung, mual, batuk, hingga radang tenggorokan. Para pakar kesehatan beranggapan bahwa penyakit ini adalah gejala datangnya flu, meski masyarakat ternyata memberikan perbedaan di antara keduanya.

Selain seringnya berinteraksi di luar rumah, penyakit masuk angin juga bisa disebabkan karena kebiasaan buruk, seperti sering begadang dan tidur larut malam, pola makan yang tidak teratur sehingga menyebabkan perut mudah kembung, terlalu banyak asupan kafein, dan sering merokok. Tanpa disadari, kebiasaan buruk inilah yang membuat kamu lebih rentan terserang masuk angin.

Editor: Lila
    Bagikan  

Berita Terkait