Strategi Belanja Online Aman Tanpa Kena Tipu

Lifestyle —Rabu, 11 Aug 2021 08:22
    Bagikan  
Strategi Belanja Online Aman Tanpa Kena Tipu
Image/Pinterest

MATA JATENG

Hayooo, siapa di sini yang suka belanja online? Shopee, Tokped, Buka Lapak, Lazada, dan sebagai sebagainyaaa? Hayoo hayooo, ngakuuu Sobat Mata Jateng, hehe...

Bener-bener, zaman sekarang sudah nggak aneh lagi ya kalau banyak orang yang sudah merambah marketplace baik itu untuk membeli abrang, mengirim, sampai menjual barang itu sendiri. Pertumbuhan dunia online yang serba canggih nggak jarang lagi sering menawarkan kegemerlapan baru yang sampai buat mata dan hati kita berkali-kali terpana. Betah berlama-lama mantengin tuh smartphone berjam-jam, sampai nggak terasa juga tangan kaki, jari, kepala sudah keram bin kebas?

Duhh ya Rabbi, jangan sampai seperti itu dong Sobat Mata Jateng, ngeri dehh ihh. Jaga kesehatan juga yaa. Belanja boleh, tapi kasih istirahat juga badan, mata alhasil kan kena radiasi terus tuh, apalagi kesehatan dompet, huhuhu. Nanti bisa-bisa awal bulan gajian yah nggak apa lah atas dasar label self-love tapi kan nggak gitu juga pas akhir bulan makan sebungkus bon cabe plus sesuap nasi, duh ngenes banget tahu nggak...

BACA JUGA: Misteri Ilmu Gaib, Membuat Seseorang Dijadikan Tumbal


”Kalau kesehatan matanya kan saya pakai kacamata radiasi, Min, jadi nggak ngaruh sorry...”

Hmm, ya kan kasihan juga baterai smartphone-nya Sobat. Coba deh pikir apa dia nggak mual bin capek mantengin wajah kamu terus? Hehehe, bercanda. Just kidding kalau bahasa Padang kotanya, ehehehe...

Okay Sobat, jadi gini nih, Admin kali ini mau berbagi soal bagaimana ktia bisa terhindar ( hopefully yakk) dari aksi-aksi jahat plus penipuan di aneka platform belanja online. Karena kan nggak bisa dipungkiri lagi tuh, banyak banget kadang yang terjerembab sama label harga murah lah, foto barang yang duh gemerlapan sekali lah, sampai pencet tombol langsung belanja dan beli aja kali yaa, hehehe, pernah nggak Sobat Mata Jateng begitu? Jujur ah, masak bohongin diri sendiri. Kasihan banget deh...

Okay, sekarang coba deh di check dulu strategi di bawah ini, moga aja masuk ke otak kanan danngendap di sana seterusnya yaa, jangan dibuang pula lewat otak kiri. Eh, kok otak sih? Maksudnya telinga ya, hehe... Maap, maap ;)

BACA JUGA: Bingung Memilih Kacamata Sesuai Wajahmu? Ikuti Tips Trik Ini!


Reputasi Penjual Adalah Kunci Jitu

Nah, penting banget nih buat Sobat Mata Jateng sebelum beli itu tolong lah ya dikit dikenali dulu si penjual produknya itu bagaimana, termasuk tokonya itu bagaimana. ”tokonya bagus Min, gemerlapan gitu barangnya...”

Hmm, bukan itu Fergusoo, maksud mimin ya diriset dulu misal apakah statusnya masih aktif, aktifnya berapa menit yang lalu, terus sudah berapa lama umur si toko, testimoni dari pembeli terdahulu gimana juga, banyak positif kah atau justru negatifnya?


Ulasan Produk Mesti Diuji

Pastikan juga tiap ulasan produk di toko itu bagaimana sih, disimak dan dibaca jeli satu per satu, jangan main lompat baca ke sana-kemari kayak katak dong, terus foto produknya juga jangan ketinggalan diteliti secara saksama.


Masuk Akal Nggak Sih Ini Harga Barang?

Harga murah langsung main borong? No no no no, please. Coba dulu bandingkan sama toko lain yang harganya mungkin mahal atau ya beda–beda tipis. Kenapa? Bisa saja itu barang imitasi, tiruan, alias palsu, Sobat.

Misalnya nih ya, adik Mimin pernah tuh beli skincare di marketplace terkenal, nah kan banyak banget pilihan toko di sana, terus lugunya adik Mimin pilih yang murah dong.

Hmm, baru sudah sampai di rumah dicek di akun Instagram skincare aslinya yahh, kasihan: kode tanda cek hasilnya nihil alias kosong, mannnnn! Nangis dong, apalagi harga segitu mestinya bisa tinggal ditambah beberapa rupiah lagi bisa dapat yang asli.

Jadi Sobat nggak apa mahal sedikit, ayng penting asli alias original gitu lhoo. Kalau palsu alias fake malah ngerusak wajah kalian (dalam hal ini skincare) plus ngabisin uang ya mendingan jangan dong.


Deskripsi Produk Jangan Di-Skip

Nah, ini penting juga untuk diperhatikan. Baca pelan-pelan, teliti.


Syarat dan Ketentuan Sudah Dipantengin, Belum?

Kadang ada syarat dari si toko atau si penjual, mau nggak mau kita harus baca saksama juga ini, jangan dilewati ya.

BACA JUGA: Tanpa Messi, Siapa "Sosok Pembeda" Barcelona?


Jangan Buru-buru Transfer Langsung Bokkk

Coba jangan buru-buru transfer, sekali lagi pastikan seluruh detail produk yang ktia pesan itu apakah sudah benar atau belum. Kita cek satu per satu lagi, atau mungkin nih bisa saja kita keliru letakin alamat. Rencananya mau ngirim ke alamat si sayang denai malah ke mantan syaitannirrajim , kan berabe jadinya. Kasihan juga tuh Admin toko bakal nambah kerjaannya lagi, Sobat pun bakal kelimpungan sendiri kan?


Jangan Buang Kertas Bukti Bayar Juga Kali

”Ah, barang palingan jadi setelah gua bayar nih, kertas bukti masukin saja ke tong sampah” Hmmm, jangannnnnn.

Simpan dulu yakk, kadang si toko minta bukti kan bisa banget tuh memudahkan pekerjaan dia dan gak ngerepotin waktu kita juga.


Keamanan Perangkat Jangan Dikesampingkan

Baiknya ya kita mesti menggunakan smartphone pribadi, Sobat.

Jangan lupa juga bisa memasang aplikasi antivirus terbaik di smartphone Sobat, jadi apabila ada ancaman ya nggak kewalahan.


Telusuri Paket Kamu dan Robek Semua Data Personal

Setiap menerima paket yang datang ke rumah, coba biasakan ya Sobat buat ngerekam tuh paket ketika dibuka. Biar apa?

Biar jika suatu ada kerusakan dan ketidakinginan kita akan si isi paket tersebut (hmm jangan sampai sih yakk) bisa dilaporkan ke pemilik toko (alias pengirim) tadi.

Dan coba ingat juga buat melaporkannya itu 1x24 jam, karena lebih dari itu biasanya nggak diterima lagi keluhan kita, huhu.

Oh iya, jangan lupa juga untuk membuang dan merobek kecil-kecil setiap data seperti nama, alamat, nomor telepon dan sebagainya yang tertempel tuh di bungkusan paket, biar nggak disalah-gunakan oleh orang jahil.

Musnahlah orang-orang jahil di bumi, amiiin paling seriusssss! (Dyah)

Editor: Lila
    Bagikan  

Berita Terkait