Mengenang Ragam Perayaan HUT RI Sebelum PANDEMI Melanda

Lifestyle —Senin, 16 Aug 2021 20:16
    Bagikan  
Mengenang Ragam Perayaan HUT RI Sebelum PANDEMI Melanda
Image/Pinterest

MATA JATENG

Pada kenyataan berdasarkan garis sejarahnya, perayaan dan ragam semarak menyambut Hari Kemerdekaan Indoensia telah ada sejak zaman kolonial Belanda. Pada saat itu hari atau tanggal 17 Agustus sendiri ditujukan sebagai Hari Tujuhbelas Agustus atau ya, sebagai Hari Merdeka. Adapun karena itu, membuat banyak masyarakat sipil termasuk pejabat pemerintahan mulai menyiapkan penyambutan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah dulu gugur di medan perang, yang pada umumnya nih persiapan perayaan tersebut akan dimulai jauh di dua hingga tiga minggu sebelum Hari Kemerdekaan 17 Agustus-nya dimulai.

Tidak cukup itu, tentu kita akan menyaksikan dan melihat aneka warga-warna cerah yang terpasang, terpajang, atau memang ya tentunya sengaja dibuat di aneka banner di tiap sudut jalan, setiap sisi bangunan, pagar-pagar gedung maupun rumah, termasuk hingga di kediaman Istana Kepresidenan di area Ibukota Jakarta. Kantor-kantor pemerintahan pun tidak akan mau ketinggalan untuk menyemarakkan hari yang hadirnya setahun sekali ini.

Mereka tentu akan mempersiapkan biaya yang sedemikian cukup berlimpah untuk memasang aneka umbul-umbul bercorak dan bergradasi merah dan putih, atau segalanya yang berbau tema kemerdekaan Indonesia. Sampai saat ini pun juga masih ada beberapa lokasi atau daerah di Indonesia yang paling ’heboh’ nan bersemangat ria menyambut kemerdekaan tanah air ini, bahkan dengan mudah kita akan dapat menemui tulisan Long Live Indonesian di setiap sudut rumah di sana atau ya, kalimat tersebut secara umum diterjemahkan ke bahasa Ibu kita akan menjadi: Dirgahayu Republik Indonesia.

Baca juga: Ingin Mengucapkan Selamat Hari Kemerdekaan dalam Bahasa Inggris? Cek Ini Dong!

Baca juga: Chairil Anwar dan Puisi Kemerdekaan


Tidak ketinggalan cukup kepemimpinan di lingkup masyarakat kecil seperti mulai dari RT, RW dan sebgainya tentu juga akan dan ingin sekali menyelenggarakan berbagai upacara dan perayaan menarik yang akan dihubungkan dengan anak-anak maupun inisitif remaja setempat di area mereka tinggal. Inilah yang akan mewujudkan berbagai macam aneka perlombaan yang gegap gempita, sampai tawa kadang pun tidak bisa hengkang dibuatnya. Ya, Sobat Mata Jateng sendiri tentu sudah hapal betul dengan aneka ragam perlombaan 17 Agustusan ini kan ya? Coba deh sebutkan satu per satu. Hmm, ya ya. Nampak kali memang tukang makan ngabisin kerupuk ya. Hehehe, ktahuan kali juga ya master main kerelereng yaa, sampai bawa kelereng di atas sendok pun belum sekedip sudah nyampe, duh kereen wkwk!

Namun bagaimanapun, ada sebuah permainan khas 17 Agustusan yang cukup menarik dan sebenarnya merupakan ’bawaan’ sejak era kolonial dulu, ada yang bisa tebak? Yapz, benar sekali Sobat Mata Jateng! Dan bahkan sampai sekarang itu permainan jadi cukup kontroversial di beberapa kalangan masyarakat alhasil kesannya ummm...

Okay, Sobat Mata Jateng pasti sudah mahfum betul ya dan mungkin bisa menafsirkan sendiri permainan ini bagaimana. Toh, pemikiran kita juga masing-masing relatif dan punya prinsip tersendiri, asal tidak jadi saling caci maki saja yak, Sobat. Ya, untuk nama permaianannya sendiri ialah: panjat pinang. Jreng jrenggg...;)

Nah, sebelum pandemi melanda bumi tentu kita juga nggak jarang menyaksikan atau bahkan nih ikut serta juga di hari-hari menjelang 17 Agustusan tersebut bakal ada tuh Bapak-bapak dan para pemuda yang sibuk menginisiasi rangkaian kerja bakti alias gotong royong sama-sama gitu, Sobat. Terus yang Ibu-ibu dan gadis-gadis juga akan menyiapkan aneka makanan dan minuman untuk disantap dan diseduh setelah lelahnya kerja bakti. Anak-anak? Biasanya yang paling hebat dalam mengotori lapangan atau areal permainan nantinya, hihii.

Malah ketawa? Ketahuan kali bandelnya dulu ya...


Salam Indonesia damai...

Berbeda-beda tetapi tetaplah satu jua, Indonesia :)) (Dyah)

Baca juga: Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan Cara Melakukan Perlombaan, simak! Perlombaan yang Unik dan Wajib Dilakukan Berikut Ini

Baca juga: Simak! 20 Ucapan Hari Kemerdekaan RI Ke-76

Editor: Lila
    Bagikan  

Berita Terkait