Mitos Hantu Kuyang di Kalimantan

Lifestyle —Rabu, 18 Aug 2021 15:59
    Bagikan  
Mitos Hantu Kuyang di Kalimantan
Image/Pinterest

MATA JATENG

Sempat tranding di kalangan masyarakat dan banyak diperbincangkan tentang kuyang. Hantu Kuyang ini dikenal masyarakat berasal dari Kalimantan. Dengan berbagai kepercyaan yang masih sangat kental di Indonesia membuat masyarakat percaya bahwa Kuyang itu bukan hantu biasa.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat kuyang ini merupakan jelmaan dari seorang wanita yang menuntut ajaran ilmu hitam. Wanita ini ingin memiliki kehidupan yang abadi sehingga menggunakan Ilmu Hitam.

Hantu kuyang ini memiliki bentuk yang hamper sama seperti wanita pada umumnya, tetapi tidak ada tubuh, tangan, dan kaki. Kuyang hanya terlihat kepala dan organ tubuh yang menggelantung.

Baca juga: Pesta Makhluk Halus Hingga Malam Persembahan, Kupas Tuntang Mitos Malam 1 Suro

Baca juga: Puisi Amir Machmud NS, Menemukan Rasa di Candi Kalasan

Berdasarkan cerita yang beredar dimasyarakat, kuyang dapat melepas dari tubuhnya. Ketika siang hari kuyang terlihat seperti wanita biasa. Ketika malam kuyang berpisah dengan tubuhnya dan berkeliling untuk mencari darah persalinan atau darah bayi.

Untuk melawan kuyang biasanya menggunakan sapu injuk dan perabotan rumah tangga. Kuyang mati ketika tubuhnya ditemukan dan mamasukkan benda-benda tajam dilehernya. Sehingga kuyang tidak bisa kembali dengan tubuhnya.

Menurut cerita, kuyang di Kalimantan punya minyak sakti yang disebut Minyak Kuyang, dalam bahasa setempat disebut Langa Kawiyang atau Minyak Kawiyang, Minyak Sumbulik atau Minyak Kuyang.

Konon katanya, minyak tersebut adalah sumber kesaktian kuyang. Menurut mitos, manusia biasa yang terkena Minyak Kuyang itu bisa berubah menjadi mahkluk tersebut.(put)

Baca juga: Resep Makanan: Cara Membuat Tengkleng Gajah Khas Yogyakarta, Cocok untuk Menu Makan Siang

Baca juga: Resep Makanan: Cara Membuat Ceker Mercon Pedas Dengan Mudah

Editor: Lila
    Bagikan  

Berita Terkait