Borobudur Marathon Resmi Diluncurkan, Ganjar Pranowo Berharap Penyelenggaraan Sukses

News —Kamis, 30 Sep 2021 16:38
    Bagikan  
Borobudur Marathon Resmi Diluncurkan, Ganjar Pranowo Berharap Penyelenggaraan Sukses
wakil pemimpin umum harian kompas Budiman Tanuredjo, gubernur Jateng Ganjar Pranowo, bawah Dirut Bank Jateng Supriyatno, ketua yayasan Borobudur Liem Chie An/ Fto: Istimewa

SEMARANG, MATAJATENG

Lomba lari bergengsi Borobudur Marathon dipastikan akan digelar pada tahun 2021. Hal itu ditegaskan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam acara 'Virtual Launching Borobudur Marathon 2021' melalui siaran langsung di Instagram, Kamis (30/9).

Guna mengobati kerinduan runners, Borobudur Marathon tetap kita adakan tahun ini. Kita ikuti data epidemiologi di masa pandemi ini, jumlah bisa kita tambah apa bisa ribuan pelari. Bismillah kita buka acara larinya, semoga lancar dan sukses," kata Ganjar Pranowo yang menjadi nara sumber bersama Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo, dan Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An.

Pada kesempatan tersebut, Ganjar mengajak runner untuk datang ke Magelang, bukan hanya berlari namun melihat keelokan mahakarya Candi Borobodur.
Budiman Tanuredjo selaku penyeleggara mengatakan, ada hal yang berbeda dalam Borobudur Marathon tahun ini terkait durasi penyelenggaraan yaitu dua hari pada Sabtu-Minggu, 27-28 November 2021.

Baca juga: Bocoran Ikatan Cinta Malam Ini Kamis 30 Oktober 2021, Mama Rosa Memberitahu Aldebaran Soal Penyadap yang Ditemukan Reyna

Baca juga: Resep Makanan: Cara Membuat Macroni Schotel Dengan Mudah

"Borobudur Marathon dipastikan digelar bukan satu hari tapi dua hari di tanggal 27 dan 28 November 2021. Ini sesuatu yang membedakan dari pelaksanaan tahun 2020," ujar Budiman.
Rencananya, hari pertama atau Sabtu, event Borobudur Marathon dikhususkan untuk para pelari elite. Sedangkan bagi masyarakat umum dengan kuota terbatas, dibuka Minggu tanggal 28 November dengan rute yang sama dengan elite race yaitu Taman Lumbini untuk nomor half marathon," tambah Budiman.

Sama seperti tahun lalu, akan ada karantina atlet elite, tempat latihan yang steril dengan menjaga jarak antara atlet dan meminimalkan kontak atlet elite dan pihak luar
Borobudur Marathon 2021 yang di-support oleh Bank Jateng mengusung tema Symphony of Energy. Tema tersebut bisa diartikan sebagai niatan jiwa yang disatukan dalam sebuah kolaborasi dan kesatuan energi yang membangkitkan para pelari dan Magelang.

Baca juga: Menikmati Keindahan Wisata Korea, Berikut Tempat Wisata di Indonesia Rasa Korea yang Wajib Kalian Kunjungi

Baca juga: Ini Strategi Jateng Tindaklanjuti PR Dari Wapres Soal Kemiskinan Ekstrem

Menurut Dirut Bank Jateng Supriyatno, Borobudur Marathon adalah event yang tidak hanya kebanggaan Jateng, tapi juga nasional. Dia berharap, event ini kembali mampu memberikan dampak ikutan, yaitu menggeliatnya putaran ekonomi dan pariwisata.
Kami menggunakan event Borobudur Marathon dengan tagline Bank Jateng Tilik Candi. Kita akan kembali mendapatkan energi baru, semangat berlari seraya menyaksikan kemegahan Candi Borobudur,'' tambahnya.

Borobudur Marathon Elite Race 2021 diperkirakan melibatkan 50 atlet elite Indonesia dengan jarak tempuh 42,195 kilometer, sedangkan untuk masyarakat umum dibatasi 200 pelari offline dan itu pun masih menunggu epidemiologi pada bulan November.
Sementara itu, pelari umum yang tidak mendapatkan slot di Borobudur Marathon, dapat mengikuti Borobudur Marathon Virtual Challenge (BMVC) 2021 yang dibagi tiga kategori, yaitu 42 kilometer, 21 kilometer, dan 10 kilometer.

Di bagian lain, Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An mengapresiasi dan berterima kasih atas segala upaya berbagai pihak, mulai gubernur, penyelenggara dan sponsor untuk menggulirkan kembali Borobudur Marathon yang sudah menjadi ikon dan sport tourism unggulan.
Masyarakat Magelang siap menyambut para pelari yang selama ini sudah sangat merindukan berlari di Borobudur. Kita berikan ruang juga energi semangat kepada para pelari agar dapat mendapatkan pengalaman terbaik dalam berlari di Candi Borobudur,'' kata Liem Chie An. (Solikun)

Editor: Lila
    Bagikan  

Berita Terkait