Wali Kota Raih Gelar Doktor, Kiai Jateng Gelar Syukuran

News —Senin, 11 Oct 2021 17:15
    Bagikan  
Wali Kota Raih Gelar Doktor, Kiai Jateng Gelar Syukuran
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Dr KH Ahmad Darodji MSi disaksikan Ketua Baznas RI Prof Dr KH Noor Achmad MA memotong tumpeng syukuran/ Fto: Istimewa

SEMARANG, MATAJATENG

Puluhan kiai dan habib menggelar syukuran untuk Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang baru saja meraih gelar Doktor Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Undip Semarang. Upacara tasyakuran yang diprakarsai Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI Prof Dr KH Noor Achmad MA dan Ketua Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono berlangsung di rumah pengusaha muda Mukhlisiyata Jalan Wilis Semarang.

Pejabat Pemkot Semarang yang hadir yaitu Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Wakil Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu, dan Sekda Iswar Aminuddin. Para kiai yang hadir antara lain Ketua Umum MUI Jateng KH Ahmad Darodji, mantan Gubernur Jateng Drs H Ali Mufiz MPA, mantan Wagub Jateng Drs H Achmad, Ketua MUI Kota Semarang Prof Dr KH Erfan Soebahar, Rais Syuriyah PCNU KH Hanief Ismail Lc, Ketua PCNU Drs KH Anasom M.Hum, Ketua PD Muhammadiyah Fachur Rozi, Kiai In’amuzzahidin, Kiai Adib Fathoni, Drs Moh Ahyani MSi, Drs H Zain Yusuf MM, Habib Hasan Al-Jufri, Habib Umar Alatan, Habib Hamzah Al-Musawwa, ustadz Abdurrahman dan lain-lain.

Acara dimulai dengan shalat maghrib berjamaah dilanjutkan dengan pembacaan Al-Barzanji Maulidurrasul diimami oleh Habib Hasan AlJufri dan Ir KH Hammad Maksum AlHafidz dari Masjid Agung Semarang (MAS) Kauman. Pengasuh Pondok Pesantren Al-Islah, Mangkang Kulon Drs KH Ahmad Hadlor Ihsan kemudian memimpin shalat Isa berjamaah. Doa dipimpin Rais Syuriyah PCNU KH Hanief Ismail Lc, KHM Said Al-Masyhad dan Haib Umar Alatas.

Baca juga: Semarang Didorong Jadi Pusat Kuliner

Baca juga: Jateng Rawan Bencana, Ganjar : Baca Terus Kondisi Cuaca, Semua Siaga


Syukuran Covid Mereda
Sekretaris MUI Jateng Agus Fathuddin Yusuf yang memandu jalannya acara syukuran menjelaskan, selain tasyakuran Wali Kota Semarang meraih gelar doktor, juga syukuran KH Hanief Ismail dan KH Anasom yang terpilih kembali menjadi Rais Syuriyah dan Ketua PCNU masa khidmat 2021-2026, syukuran Prof Dr KH Noor Achmad MA menjadi Ketua Baznas RI dan syukuran Covid-19 yang mulai menurun di Kota Semarang. ‘’Semua nikmat itu wajib kita syukuri bersama,’’ kata Agus.

Prof Noor Achmad mengatakan, warga Kota Semarang wajib bersyukur mempunyai pemimpin Dr H Hendrar Prihadi SE MM, masih muda, enerjik, cerdas dan masih sempat menyelesaikan studinya hingga meraih gelar doktor dengan predikat cumlaude.
Wali Kota Hendrar Prihadi menyampaikan terima kasih kepada para kiai, habaib dan ibu nyai yang mempunyai kepedulian dan perhatian luar biasa hingga menggelar acara tasyakuran itu. Dia dan keluarganya merasa bersyukur karena selama memimpin Kota Semarang dijaga dan dikawal oleh para kiai, alim ulama dan habib yang tidak sekadar memberikan doa tetapi juga saran dan arahan sehingga Kota Semarang semakin maju dan hebat.
Wakil Rais Syuriyah PWNU Jateng yang juga dosen penguji Hendi dalam ujian desertasi di FISIP Undip Dr KH Moh Adnan MA mengatakan, Wali Kota Semarang Dr H Hendrar Prihadi SE MM memang mendapatkan nilai cumlaud. ‘’Pak Hendi meraih gelar doktor Program Pendidikan Doktoral Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (Undip) dengan predikat cumlaude dengan disertasi berjudul Model Tata Kelola Kota Cerdas Kota Semarang. Dia sangat menguasai. Saya sarankan untuk diedit dan dibukukan agar bisa menjadi acuan daerah lain dalam membangun wilayahnya,’’ kata Adnan.

Wali Kota Semarang meraih gelar Fisip pada Rabu 29 September 2021. Hendi mengambil pendidikan doktor sejak 2018, dan menjalani sidang tertutup secara daring pada Rabu (29/9/2021) malam. Sidang dipimpin Dr Drs Hardi Warsono MTP, dengan penguji internal Dr Muhammad Adnan MA, dan penguji eksternal Prof Dr Ridwan Sanjaya SE SKom MS.IEC. Sebagai promotor, Prof Budi Setiyono SSos, M.Pol.Admin, PhD, serta co-promotor I sekaligus sekretaris sidang Yuwanto, Ph.D, dan co -promotor II Dr Teguh Yuwono, M.Pol.Admin. Dalam disertasinya, Hendi mengangkat tentang Kota Semarang dalam menerapkan kota cerdas atau smart city. “Program doktor ilmu sosial ini saya ambil untuk me-refresh diri,” kata Hendi kepada wartawan.(sunarto)

Editor: Lila
    Bagikan  

Berita Terkait