Kabar Duka, Dalang Senior Ki Manteb Sudarsono Wafat

News —Jumat, 2 Jul 2021 14:26
    Bagikan  
Kabar Duka, Dalang Senior Ki Manteb Sudarsono Wafat
Ki Manteb Sudarsono (Foto: Twitter)

MATA JATENG

Berita duka datang dari dunia hiburan, Seniman dan Dalang Wayang Kulit senior Ki Manteb Sudarsono meninggal dunia.di usia 72 tahun. Dalang Ki Manteb Sudarsono meninggal dunia pukul 09.45 WIB, Jumat (2/7/2021).

Kabar duka tersebut beredar luas di media sosial. Salah satunya budayawan Sudjiwo tejo juga mengungkapkan hal ini di akun twitternya “Breaking News: Dalang Senior Ki Manteb Sudarsono wafat”. Putra Ki Manteb Sudarsono, Medhot Darsono juga mengkonfirmasi kabar duka ini.

Salah seorang sekretaris desa tempat tinggal Ki Manteb Sudarsono mengungkapkan, Ki Manteb meninggal dunia setelah pentas wayang dari Jakarta. Saat kembali dari Jakarta, dengan ditemani sang istri dan anaknya, Ki Manteb masih menerima tawaran pentas dalang streaming live. "Habis itu, Ki Manteb jatuh sakit. Dipanggilkan dokter, kemudian diinfus di rumah selama dua hari"

Dari hasil swab antigen, Ki Manteb positif terpapar virus Covid. Kondisi itu diperparah dengan penyakit paru-paru yang diderita oleh Ki Manteb Sudarsono.

Ki Manteb Sudarsono lahir di Palur, Mojolaban, Sukoharjo, 31 Agustus 1948. Saat meninggal hari ini ia genap berusia 72 tahun.

Ki Manteb Sudarsono adalah seorang dalang wayang kulit ternama dan sesepuh dalang gaya Surakarta, Jawa Tengah. Karena keterampilannya dan kecepatan sabetannya dalam memainkan wayang, terutama dalam adegan perang, ia pun dijuluki para penggemarnya sebagai Dalang Setan. Ia juga dianggap sebagai pelopor perpaduan seni pedalangan dengan peralatan musik modern.

Ki Manteb Sudarsono pernah mendalang di Istana Merdeka pada tahun 2019 silam dan menyerahkan tokoh wayang Kresna kepada Presiden Jokowi.

Editor: Hasan
    Bagikan  

Berita Terkait