Mengulik Sejarah di Temani Indahnya Bangunan Benteng Pendem

Panduan wisata —Senin, 4 Oct 2021 15:30
    Bagikan  
Mengulik Sejarah di Temani Indahnya Bangunan Benteng Pendem
Mengulik Sejarah di Temani Indahnya Bangunan Benteng Pendem/ Pinterest

CILACAP, MATAJATENG

Jawa tengah merupakan daerah yang terkenal akan kebudayaan dan tempat wisatanya yang seru untuk di kunjungi. Tempat wisata di Jawa Tengah bukan tempat wisata biasa karena selalu memiliki sejarah di dalamnya. Salah satu tempat wisata yang memiliki sejarah panjang yaitu Benteng Pendem.

Benteng pendem ini berlokasi di jl. Benteng, Sentolokawat, Cilacap, jawa Tengah. Bangunan yang ada di benteng Pendem ini memiliki sejarah yang  seru untuk di pelajari.  Benteng pendem ini merupakan salah satu benteng peninggalan belanda di pesisir pantai teluk penyu yang di bangun pada tahun 1861.  Zaman dahulu, bangunan ini di gunakan sebagai markas pertahanan hindia belanda yang di bandun selama 18 tahun. Tempat wisata ini di namakan benteng Pendem karena bangunannya tertutup tanah. Dalam bahasa Jawa, istilah pandem berati berada di bawah tanah atau terkubur.

Bangunan dan ruangan yang masih kokoh dan banyak spot foto membuat tempat tersebut menjadi daya tarik wisatawan untuk dating. Ruangan tersebut terdiri dari barak, ruang rapat, benteng pertahanan, dan masih banyak lagi ruangan lainnya. Banyak cerita dari masyarakat bahwa salah satu ruangan di benteng tersebut terdapat trowongan rahasia bawah laut menuju goa yang ada di Nusakambangan.

Baca juga: Ke Mimika, Ganjar Disambut Kethek Ogleng Banyumasan

Baca juga: Mbak Ita Kagumi Mahasiwa Lampung Kolaborasikan Dua Motif Batik


Rute untuk menuju ke benteng pendem ini sangat mudah karena berdekatan dengan Museum kereta api ambarawa. Untuk kamu yang ingin dating ke tempat ini, kamu bisa melewati 2 jalur yaitu jalan alternatif melewati RSUD Ambarawa atau melewati pintu masuk lapas Ambarawa. Anda bisa melihat banguanan Benteng Pendem yang berada di sebelah kiri.

Biaya yang di butuhkan untuk dating ke tempat ini sangat terjangkau diantaranya yaitu:

-Parkir mobil                   Rp. 5.000

- Parkir motor                 Rp. 2.000

- HTM 1 orang dewasa  Rp. 5.000


Fasilitas yang ada di Benteng Pendem ini diantaranya yaitu:

- Area parkir

- Mushola

- Toilet

- Area main anak

- Wahana sepeda air (NL)

Editor: Lila
    Bagikan  

Berita Terkait