Mengenal Lebih Dalam Desa Sukarara

Panduan wisata —Sabtu, 9 Oct 2021 23:35
    Bagikan  
Mengenal Lebih Dalam Desa Sukarara
Mengenal Lebih Dalam Desa Sukarara / Pinterest

MANDALIKA, MATAJATENG

Menikmati wisata sambil belajar memang menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang. Karena selain bisa berlibur, kita juga bisa mendapatkan ilmu yang baru. Banyak sekali tempat wisata yang bersejarah dan pastinya penasaran untuk di kunjungi. Lombok utara tepatnya Mandalika menjadi tempat yang banyak wisata mengedukasi, salah satunya yaitu Desa Sukarara

Desa Sukarara merupakan salah satu pedesaan yang ada di Mandalika. Desa ini terkenal sebagai penghasil kain songket, dimana kerajinan inilah yang paling popular di Lombok.  Kain songket ini tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi kain tenun desa sukarara ini sudah tembus hingga Internasional. Desa Sukarara ini terletak di kecamatan Jonggat, kabupaten Lombok Tengah, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Banyak sekali keunikan di Desa ini, salah satunya yaitu Semua perempuan di Desa tersebut harus bisa menenun karena kain songket yang di hasilkan menjadi mata pencaharian desa tersebut. Desa sukarara juga terdapat rumah adat sasak, dimana di tempat ii wisatawan bisa menyaksikan kehidupan suku sasak pada zaman dahulu.

Baca juga: Dua Tahun Tak Jualan, Samiyem Senang Dagangannya Diborong Ganjar

Baca juga: Ganjar, Sandiaga dan Diskusi Kecil Pengembangan Sangiran


Hampir seluruh rumah yang ada di desa ini dibuat menggunakan bahan alam, seperti dinding rumah adat tersebut terbuat dari anyaman bambu sehingga tempat ini masih terbilang tradisional. Tidak hanya dinding yang terbuat dari bamboo, tetapi tiang rumah terbuat dari kayu. Yang lebih menarik lagi, ketika panas rumah ini akan terasa sejuk dan ketika malam hari, rumah ini akan terasa hangat.

Image/ Pinterest

Untuk sampai ke Desa Sukarara ini, kamu bisa menggunakan transportasi pribadi ataupun transportasi umum. Jika kamu memilih untuk menggunakan transportasi pribadi, kamu bisa menggunakan jalur dari mataram lalu ke Cakarangan. Setelah sampai di Cakarangan, kamu harus melanjutkan perjalanan menuju Kediri dan sampailah du Sukarara. Tetapi untuk kamu yang ingin menggunakan transporasi umum, kamu bisa menggunakan jalur Mataram menuju Berdais. Setelah tiba di Berdais,  kamu harus melanjutkan perjalanan menuju Praya. Untuk melanjutkan perjalanan ke Desa Sukarara, kamu bisa menggunakan Cidomo (delman) untuk sampai di Surakarta. Harga tiket masuk ke Desa sukarara ini sangat terjangkau hanya Rp. 20.000/ orang.

Jika kamu ingin berwisata sambil belajar maka Desa Sukarara inilah menjadi pilihan yang tepat. Selain bisa menenun, kamu juga bisa mengenal lebih dalam kebiasaan masyarakat suku sasak dan pastinya banyak spot foto untuk mengabadikan momen. (NL)

Baca juga: Resep Minuman: Cara Membuat Strawberry Boba, Minuman Unik dan Menyegarkan

Baca juga: Menimati Wahana Seru di Dusun Semilir Sambil Berfoto-Foto

Editor: Lila
    Bagikan  

Berita Terkait