Klenteng Sam Poo Kong, Tempat Wisata yang Memiliki Jejak Sejarah

Panduan wisata —Rabu, 13 Oct 2021 11:32
    Bagikan  
Klenteng Sam Poo Kong, Tempat Wisata yang Memiliki Jejak Sejarah
Klenteng Sam Poo Kong, Tempat Wisata yang Memiliki Jejak Sejarah/ Pinterest

SEMARANG, MATAJATENG

Klenteng merupakan tempat ibadah penganut kepercayaan Tionghoa. Beberapa daerah yang ada di Indonesia menyebut klenteng dengan istilah Tokong karena diambil dari suara bunyi lonceng yang di bunyikan ketika sedang menyelenggarakan upacara. Semarang memiliki Klenteng yang unik dan pastinya penasaran untuk di kunjungi yaitu Klenteng Sam Poo Kong.

Klenteng Sam Poo Kong menyimpan jejak sejarah Laksamana Ceng Ho. Konon, tempat ini di gunakan sebagai tempat pendaratan pertama oleh seorang laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Ceng Ho, tetapi tidak semua anak buahnya beragama islam. Pada tahun 1416, sang laksamana akan melakukan pelayaran di Pulau Jawa bersama pasukannya. Tetapi perjalanan laksamana dan pasukannya harus terheti di sebuah gua untuk berstirahat karena sang juru mudi yang bernama Wang Jing Ho mengalami sakit keras. Setelah Wang Jing Ho sembuh, Laksamana Ceng Ho memutuskan untuk kembali ke tanah airnya tetapi sang juru mudi tidak ikut. Pada tahun 1417 Wang Jing Ho membangun patung Laksamana Ceng Ho untuk megenang kebaikan dan kebijaksanaanya.

Klenteng Sam Poo Kong tidak hanya sekedar rumah ibadah saja, tetapi tempat ini juga dijadikan sebagai destinasi wisata yang memiliki nilai sejarah sangat tinggi. Sehingga wisatawan yang datang ke tempat ini akan mendapatkan pengetahuan soal Klenteng Sang Poo Kong. Destinasi wisata ini menyuguhkan berbagai spot foto yang Instagramable sehingga wisatawan yang datang ke tempat ini tidak lupa untuk mengabadikan momen indah. Untuk wisatawan yang ingin berfoto layaknya sedang berada di Tiongkok, jangan khawatir kamu bisa menyewa baju adat Tiongkok dengan biaya yang sangat terjangkau, hanya Rp.100.000. Selain berfoto dan menggunakan baju adat, wisatawan juga bisa masuk ke goa batu yang pernah menjadi markas Laksamana Cheon Ho. Klenteng Sam Poo Kong ini menjadi salah satu destinasi wisata bersejarah di Semarang yang wajib untuk di kunjungi karena banyak sekali keindahan yanga da di tempat ini.

Baca juga: “Baper” PSG dan Sikap Madrid dalam Kemasan Mediatika

Baca juga: Bermain Air di Air Terjun Mangku Sakti dengan Pemandangan yang Memanjakan Mata

Tempat wisata ini berada di Jl. Simongan Raya, No. 129 Bongsari, Semarang, Jawa Tengah. Rute yang harus di tempuh oleh wisatawan sangat mudah karena tempat ini berada tidak jauh dari Pusat Kota Semarang. Untuk wisatawan yang datang dari arah Simpang Lima Semarang, kamu harus mengarahan kendaraan menuju Simpang Lima Semarang. Setelah sampai di Simpang Lima, belok kanan melewati jalan veeteran (ambil arah bunderan) untuk sampai di RSUD Dr. Kariadi. Setelah itu, wisataan harus belok kiri dan ikuti jalan tersebut hingga sampai di jembatan. Setelah jembatan, kamu akan menemukan Klenteng Sang Poo Kong di sebelah kiri jalan.

Biaya yang di keluarkan untuk datang ke tempat ini sangat terjangkau, diantaranya:

1. Tiket masuk weekday                       Rp. 5.000

2. Tiket masuk weekend                       Rp. 10.000

3. Sewa Pakaian Tiongkok                    Rp. 100.000

4. Tiket terusan (area sembahyang)   Rp. 20.000


Fasilitas yang ada di tempat ini sangat lengkap, diantaranya:

- Area parkir

- Spot foto

- Toko souvenir

- Warung makan

- Toilet (NL)

Baca juga: Selamatkan Bumi dan Kemanusiaan, Ganjar Siap Gaspol Tanam Mangrove

Baca juga: Pertunjukan Musik yang di Inisiasi Oleh Komunitas Akusttack

Editor: Lila
    Bagikan  

Berita Terkait