Kebun Durian Watu Simbar, Tempat untuk Menikmati Durian Diatas Ketinggian

Panduan wisata —Minggu, 24 Oct 2021 11:01
    Bagikan  
Kebun Durian Watu Simbar, Tempat untuk Menikmati Durian Diatas Ketinggian
Kebun Durian Watu Simbar, Tempat untuk Menikmati Durian Diatas Ketinggian/ Pinterest

SEMARANG, MATAJATENG

Durian merupakan salah satu buah-buahan yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berkunjung ke kebun durian memang sangat asik, karena disana kita bisa menikmati udara segar dan mencoba memetik durian yang sudah tumbuh. Semarang memiliki tempat wisata yang menyuguhkan pohon durian dengan keindahan yang memukau, yaitu Kebun Durian Watu Simbar.

Kebun Durian Watu Simbar sudah ada sejak tahun 1989 yang ditanam oleh penduduk di wilayah ini. Hampir semua rumah yang ada disini memiliki pohon durian dengan buah yang lebat. Seiring berjalanannya waktu, kebun durian ini dibangun menjadi kawasan wisata. Tempatnya yang unik membuat wisatawan penasaran dan ingin datang ke tempat ini.


Daya Tarik

Disetiap sudut yang ada di tempat ini, dipenuhi dengan pepohonan durian. Wisatawan yang datang ke tempat ini bisa menikmati durian secara langsung di atas pohon, pengelola tempat ini sudah menyediakan semacam kanopi kayu di pohon-pohon. Menikmati durian diatas ketinggian ditemani pepohonan yang membuat udara sejuk pasti akan memberikan sensasi yang berbeda. Sekitar 50 jenis durian lokal yang ada disini dan memiliki rasa manis, mulai dari durian berkulit tebal, durian yang daging buahnya berwarna kuning, dan masih banyak lagi jenis durian yang ada disini.

Baca juga: Kisah Mistis Rumah Darmo yang Terkenal Angker

Baca juga: Resep Makanan: Cara Membuat Arancini dengan Mudah

Kebun Durian Watu Simbar tidak hanya menyediakan keindahan alam dengan duriannya yang lezat, tetapi tempat ini menjadi sarana edukasi bagi wisatawan yang datang. Di tempat ini wisatawan dapat mencoba menanam dan merawat tanaman dengan baik dan benar. Tidak hanya itu, wisatawan dapat berkeliling melihat tanaman yang ada. Tidak hanya pohon durian, masih banyak lagi pepohonan yang ada disini, diantaranya buah naga, nanas, manggis, matoa dan juga patai. Kebun Durian Watu Simbar terletak di ketinggian 527 mdpl, maka panorama alam yang ada di tempat ini sangat mempesona. Di sisi samping gazebo utama tempat biasa pengunjung menikmati durian, kita dapat menikmati kawasan Semarang dari ketinggian. Selain itu beberapa gazebo kecil di kebun juga cocok untuk bersantai menikmati udara segar.


Rute dan Lokasi

Kebun Durian Watu Simbar memiliki lokasi yang strategis, karena berada di Jl. MR Koesbiyono Tjondro Wibowo, Desa Pakintelan, Gunungpati, SEmarang. Rute untuk sampai di tempat wisata ini memang sangat mudah. Untuk wisatawan yang datang dari arah ungaran, kamu harus mengrahkan kendaraan menuju Gunung Pati. Dari Gunung Pati wisatawan harus melanjutkan perjalanan menuju pertigaan antara Gunung Pati dan Unnes lalu lurus terus sekitar 400 m hingga pertigaan dan tanjakan. Jika sudah sampai, wisatawan akan melihat Kebun Durian Watu yang berada di sebelah kanan


Harga Tiket dan Fasilitas

Kebun Durian Watu Simbar mulai beroperasi pada pukul 09:00 hingga pukul 16:00. Biaya yang harus di keluarkan untuk membei tiket memang sangat terjangkau, hanya Rp. 5.000 (weekday) sedangkan Rp. 7.500 (weekend).

Fasilitas yang ada di tempat ini sangat lengkap, diantaranya:

- Area parkir

- Toilet

- Mushola

- Gazebo

- Area bermain anak

- Rumah joglo. (NL)

Baca juga: Kalipancur Valley Tourism Village, Unique Tourist Place with Airplane-shaped Restaurant

Baca juga: Merasakan Sensasi Awang-Awang di Gunung Telomoyo Semarang

Baca juga: Curug Lawe Benowo, Wisata Semarang dengan Air Terjun yang Menenagkan

Baca juga: Merasakan Senasi Bermain Air di Jungle Toon Waterpark Semarang

Editor: Lila
    Bagikan  

Berita Terkait