Mengulik Sejarah Benteng Willem II Ungaran, Bangunan Peninggalan Belanda

Panduan wisata —Selasa, 26 Oct 2021 10:48
    Bagikan  
Mengulik Sejarah Benteng Willem II Ungaran, Bangunan Peninggalan Belanda
Mengulik Sejarah Benteng Willem II Ungaran, Bangunan Peninggalan Belanda/ Pinterest

SEMARANG, MATAJATENG

Mengunjungi wisata bersejarah memang menjadi impian semua orang, karena di tempat inilah wisatawan bisa menambah wawasan sekaligus menlihat keindahan yang ada di tempat ini. Semarang termasuk salah satu daerah di Indonesia yang memiliki wisata bersejarah, maka banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke Semarang untuk belajar sejarah. Salah satu tempat wisata bersejarah yang wajib untuk dikunjungi yaitu Benteng Willem II Ungaran.

Benteng Willem II Ungaran merupakan salah satu ikon di Kota Ungaran yang sangat terkenal, benteng ini di kenal sebagai bangunan peninggalan Belanda. Zaman dahulu, Benteng ini lebih di kenal dengan Benteng Diponegoro, karena di tempat inilah Pangeran Diponegoro sempat ditawan sebelum akhirnya diasingkan ke Benteng Fort Rotterdam di Makassar.

Benteng Willem II Ungaran dibangun pada tahun 1743-1746 yang digunakan sebagai tempat pertemuan bersejarah Pakubuwono II dengan Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron van Imhoff. Awalnya bangunan ini dinamain Fort de Outmoeting (tempat pertemuan), Pada tahun 1784-1786 benteng ini digunaka sebagai markas gernisun VOC yang bertugas menjaga perdamaian disepanjang jalur Jawa Tengah. Kemudian pada tahun 1811-1816, benteng ini berada di bawah kekuasaan Inggris, sebelum akhirnya dikembalikan ke Belanda.


Daya Tarik

Tempat wisata ini memiliki konsep bangunan belanda yang sangat kental, maka banyak sekali wisatawan yang mengabadikan momen disini karena tempatnya yang sangat Instagramable. Di setiap sudut yang ada di bangunan ini, memiliki sejarah yang sangat menarik untuk di pelajari. Benteng ini juga pernah di jadikan tempat penjara bagi Pangeran Diponegoro maka dari itu di halaman benteng ini terdapat patung pangeran diponegoro. Benteng Willem II Ungaran dihiasi dengan relief berbentuk wajah G. Willem Baron Van Imhof (Gubernur Jendral Hindia Belanda ke-27).

Baca juga: Gempa Salatiga dan Ambarawa, Ganjar; Masyarakat Tidak Usah Takut

Baca juga: Pastikan Operasional Bandara JBS Berjalan, Ganjar : Problemnya di PCR

Benteng Willem II Ungaran masih menyimpan patilasan Pangeran Diponegoro, seperti sumur yang digunakan untuk wudu. Sumur ini berada diantara panggung dan dipasang pompa air.Tidak hanya itu, benteng ini juga masih menyimpan lokasi perundingan antara Gubernur Jenderal Willem dengan Pakubuwono II pada saat pecah Geger Pecinan. Tempat yang di jadikan barak tentara pada masa itu dan Benteng Willem II Ungaran terkadang suka mengadakan pagelaran budaya ketika ada acara-acara penting.


Lokasi dan Rute

Benteng Willem II Ungaran memiliki lokasi yang sangat strategis karena berada di tengah kota Ungaran tepatnya di Jl. Diponegoro, Dliwang, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk wisatawan yang ingin datang ke tempat ini, kamu tidak perlu khawatir karena rute yang harus di tempuh sangat mudah dan pastinya tidak memakan waktu yang lama. Jika wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa menggunakan transportasi umum yang ada disana.


Harga Tiket dan Fasilitas

Wisatawan yang ingin datang ke Benteng Willem II Ungaran tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli tiket, karena siapapun yang masuk kesini tidak dikenakan biaya apapun. Benteng Willem II Ungaran mulai beroperasional dari pukul 07:00 sampai pukul 17:00.

Fasilitas yang ada di tempat ini terbilang sangat minim, karena hanya ada area parkir dan toilet. (NL)

Baca juga: Tugu Muda Semarang, Monumen yang Dibuat untuk Mengenang Jasa Pahwalan

Baca juga: Kebun Durian Watu Simbar, Tempat untuk Menikmati Durian Diatas Ketinggian

Baca juga: Kalipancur Valley Tourism Village, Unique Tourist Place with Airplane-shaped Restaurant

Baca juga: Merasakan Sensasi Awang-Awang di Gunung Telomoyo Semarang

Editor: Lila
    Bagikan  

Berita Terkait