Baruna Semarang: Belajar Sejarah Dikelilingi Deburan Ombak

Panduan wisata —Senin, 26 Jul 2021 13:15
    Bagikan  
Baruna Semarang: Belajar Sejarah Dikelilingi Deburan Ombak
Image/Pinterest

MATA JATENG

Siapa yang menyukai pantai di sini ya? Duduk di bibir pantai, disaksikan deburan ombak biru meluas dan buih-buih yang sesekali mencipratkan dirinya ke jari-jari kaki. Beningnya langit dan biru kaca air laut yang menyentuh hati dan mata, jiwa.

Hmm, tidak patut lagi ditunda untuk pergi ke pantai jikapun bisa hari ini, ya kan? Siapa sihyang tidak suka dengan pantai, wong damai dan sejuknya saja kdang bikin kita betah untuk berlama-lama merenungi hidup di sana. Hidup? Ce’ileh seperti banyak saja beban hidup ini ya, sampai tiap waktu jam detik menit mesti mainnya ke pantai mulu, anak pantai mah biasa.

Sayangnya, kalau begini nih, kalau domisili tempat tinggal kita jauh banget dari pantai, atau mesti ke luar kota, atau luar provinsi dulu baru bisa sampai ke pantai yang jadi target. Kadang pernah mikir gitu gak sih, enak benar orang-orang yang tinggal di pantai, bisa setiap hari menyaksikan matahari terbit dan tenggelam dengan indahnya, dan damainya perbincangan-perbincangan laut dengan langit. Yang yaakk, sama-sama biru!

BACA JUGA: Ingin Menikmati Suasana Pantai Yang Menyenangkan? Yuk Menginap Di Acaya Ayu Sambil Menikmati Indahnya Pantai Mbluluk Gunungkidul


By the way anyway busway, Tema–teman tahu nggak sih kalau di daerah Semarang tepatnya di provinsi Jawa Tengah, itu ada dikenal pantai yang namanya adalah Pantai Banura!

Asal Teman-teman tahu saja nih ya, bahwasanya sebenarnya, Pantai Banura ini adalahs atu di antara sekian banyak pantai lhoo yang menyimpan sejuta misteri dan sejarah, terutama di masa penjajahan Jepang dan perjuangan kemerdekaan rakyat Indonesia!

Widihhh, ada kedengaran hawa serem creepy scary gitu nggak sih? Baik, jadi begini. Pantai Banura ini sejatinya adalah salah satu wisata di kota Semarang guys, tapi pantai ini masih belum dikelola secara khusus, dan belum bisa tampil ”show off” lah istilah kerennya dah buset haha, ya tampil layaknya pantai-pantai Nusantara lainnya yang sudah baik itut tertata rapi, terkenal domestik maupun mancanegara.


Namun, meski sejatinya belum begitu dikenalkan dan dikelola, Pantai Banura ini juga tidak kalah menarik lhoo dibandingkan pantai-pantai Indonesia lainnya yang sudah terkenal. Pantai Banura bahkan diyakini oleh sebagian orang juga memiliki daya pikat tersendiri, amgnet tersendiri yang tentunya berbeda dengan pantai lainnya. Ya, kayak dia 1 dan dia 2 lah punya nilai or values dan karakteristik tersendiri di hati kamu. Wkwk, kan kita semua itu unik. Ya, kan?

BACA JUGA: Mengenal Keunikan Rumah Adat Joglo Yang Berasal Dari Jawa Tengah


Hal yang nggak kalah mengejutkannya lagi ialah ternyata Pantai Banura ini cukup sering buat orang-orang kebingungan lhoo, alhasil namanya ternyata ada dua! Dan kedua-duanya itu berada di lokasi yang berbeda, bahkan punya panorama yang berbeda pula, yaitu sebagai berikut:
Pantai Baruna Malang, ini terletak di provinsi Jawa Timur atau biasanya juga sering disebut dengan Pantai Baruna Kondang Iwak. Hehee, unik ya namanya!

Kemudian selanjutnya adalah Pantai Baruna Semarang yang berlokasi di provinsi Jawa Tengah, guys.
Dan of course, yang jadi main topic dalam artikel kita kali ini adalah yang tentang Pantai Baruna Semarang, di provinsi Jawa Tengah dong! Eitss but well wait a moment, sebelum kita masuk lebih jauh atau mengenal lebih jauh tentang keindahan Pantai Banura di Jawa Tengah ini, yok mari kita telusuri dulu, sebenarnya apa sih yang membuat kedua pantai di dua provinsi ini berbeda dan unik di nilai panora masing-masingnya? Yokk, check it out!


Lokasi
Tentu saja ya guys, kalau untuk soal lokasi kan kita sudah jelas tahu, ini kedua pantai terletak di dua provinsi yang berbeda, meski ya namanya sama. Yak, satu di Malang, satunya lagi ada di Semarang.
Karakteristik Pantai.
Well, unuk karakteristik keduanya sendiri ternyata Pantai Baruna Malang itu punya area pasir pantai yang lebih luas lhoo dibandingkan dengan area pasir pantai Baruna Semarang. Hmm, yang suka lari-lari teriak di pantai mungkin bisa milih opsi Baruna Malang nih buat ngelepas stress, hihi.

Eitss, meski begitu, tunggu dulu. Pantai Baruna Semarang meski tidak begitu luas area pasir pantainya, namun pantai yang satu ini justru memiliki area savana yang tidak dimiliki oleh Pantai Baruna Malang! Waduhh, jadi bingung seketika nih ya, teriak di antara savana lebat atau di luasnya pasir pantai? Wkwkwk.


Karakter Ombak

Pantai Baruna Malang kalau soal ombak sih lebih besar dibanding Baruna Semarang, bahkan karena hal ini Baruna Malang sering dijadikan pusat latihan tempur oleh Tentara Nasional Indonesia.


Baik. Setelah kita mengetahui perbedaan atau karakteristik kedua pantai, sekarang waktunya kita mengupas keunikan sisi Pantai Baruna Semarang! Apa saja itu? Put your big focus into it yakk!


Pantai Bersejarah
Mungkin kita sering heran yak, kenapa sih banyak tempat wisata di Indonesia termasuk pantainya memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi? Hmm okay, dijawabnya. Sebab hal ini tidak laind isebabkan karena jalur transportasi yang populer yang ada saat itu, yakni adanya armada laut. Dan ya, biasanya setiap peradaban itu eksis dan berdiri tidak jauh dari lokasi laut, karena you can name it that laut itu sumber kehidupan, air itu sumber kehidupan. Tidak terkecuali buat Pantai Baruna Semarang ini yang ternyata dapat dibuktikan dengan sebuah tugu yang terletak dis ana, namanya ialah Tugu Ketenangan Jiwa yang pernah dibangun oleh tentara Jepang, dengan tujuan tidak lain sebagai berikut:

Guna memperingati pertempuran antara pasukan Jepang yang melawan pasukan Indonesia selama lima hari di Semarang waktu itu.

Ini juga ditandai sebagai bentuk tanda atau simbol bahwa pasukan Jepang pernah menyesal telah menjajah Indonesia, alhasil di sisi Jepang pasukannya jadi banyak pula yang meninggal.

Apabila kita menarik koordinat dari tugu tersebut ke Jepang, maka sejatinya akan terlihat lurus (damn, ini buat bulu kuduk seketika merinding, ya nggak?) Dan sebenarnya, ada harapan khusus bagi tentara Jepang tersebut dalam membangun tugu tersebut, yang tidak lain ialah berharap bahwa arwah pasukan yang telah meninggal dapat berkenan kembali ke negara asalnya. Intinya, dari dibangunnya Tugu Ketenangan Jiwa ini tidak lain ialah menjadi simbol saksi sejarah, termasuk juga menjadi ciri khas dari Pantai Baruna Semarang, yang surely nggak bakal ada dimiliki oleh pantai-pantai lainnya. Unik ya, Indonesia kita ini! We have to be always grateful!

BACA JUGA: Ramalan Zodiak Senin 26 Juli 2021 Aries Tetap Positif Thinking, Cancer Mood Yang Naik Turun Berpengaruh Terhadap Kinerja Anda


Dijadikan Sebagai Favorite Spot untuk Memancing

Nah, ternyata para pengunjung yang suka ke Pantai Baruna Semarang ini guys adalah mereka yang juga gemar memancing alias fishing lhoo. Alhasil di sana juga belum ada aktivasi tiket walhasil Pantai Baruna belum dikelola secara khusus, jadi ketika masuk ke area pantai pun ya masih free alias gratis, meski ya berdampak juga ke ragam fasilitas yang ada yang pastinya membuat modern parts di pantai lain lebih mencolok daripada Baruna Semarang, misalnya fasilitas keamanan dan keselamatan.


Panorama Menyejukkan

Daya pikat lain dari Banura Semarang ialah bahwa pantai ini punya daya tarik magis di sektiarnya. Meski iya, areanya yang terlihat dan terkesan cukup sempit, namun bagaimanapun keberadaan dan tumbuhnya savana liar di sana cukup memberikan kesan alamis dan natural tersendiri.
Apalagi di saat menjelang sunset tiba, sore senja dimana dapat ditemukan sejumlah motor di tepi Pantai Baruna menjajak elok. Situasi ini yang kadang memberi apresiasi tersendiri buat mata pengunjung merasa terganggu, terlebih beberapa sebaran sampah dari sungai yang mencemari ke aliran Pantai Baruna. Ditambah lagi ketika musim air pasang, beberapa sampah tersebut turut disayangkan berani-beraninya menempel di area pasir pantai. Sangat, sangat disayangkan.
Tentu dari kondisi ini kita sangat berharap munculnya gebrakan baru dari pemerhati lingkungan dan tentu ya termasuk pemerintah kota dan provinsi setempat untuk menyegerakan tindakan apa yang pantasi diberikan kepada Pantai Banura Semarang untuk tetap terjaga keasriannya dan keelokan yang patut ia miliki setara dengan pantai-pantai nusantara lainnya. Begitu pula dengan pantai lainnya di Indonesia yang perlu diperhatikan. Sebab, bukankah bersikap adil itu baik? Siapa tahu dengan peduli kepada alam kita bakal diperlakukan adil oleh makhluk lain? Who knows? Dan bukankah itu sendiri sudah jadi kewajiban kita semua?


Lokasi Baruna Semarang

Jika Anda ingin berkenalan dengan pantai yang satu ini, maka mari silakan datang ke Pelabuhan Mas, Tanjung, Bringin, Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah, tepatnya terletak di sisi timur Pantai Marina. (Dyah)

Editor: Lila
    Bagikan  

Berita Terkait