Candi Sari, Magnetnya Boyolali

Panduan wisata —Jumat, 6 Aug 2021 14:58
    Bagikan  
Candi Sari, Magnetnya Boyolali
Image/Pinterest

BOYOLALI, MATA JATENG

Ada yang pernah ke daerah Cepogo Boyolali, Jawa Tengah? Waduh waduhhh, ada apa ya di sana? Benar sekali, Sobat Mata Jateng! Disana itu ada sebuah objek wisata yang terkenal juga lho, namanya Candi Sari. Candi Sari sebagai tempat berwisata ini tepatnya berlokasi di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia. Tuhh, sudah Admin kasih alamat lengkapnya, kapan-kapan, lagi-lagi setelah PPKM Mikro selesai, yoklah kita piknik bareng di sana yokk! Asekkk, hihi.

Tahu nggak Sobat Mata Jateng, kalau ternyata nih ya, Candi Sari ini sekalipun hari libur ataupun buka hari libur, keadaan di sana tetap ramai lhoo, banyak wisatawannya. Eh, tapi tentu sat PPKM begini, agak berkurang nih. Kenapa sebelum PPKM ramai pelancong? Yah, apalagi jika bukan karena sensai indah nan asri yang ditawarkan di lokasi Candi Sari ini, yang pastinya itu semua nggak akan Sobat Mata Jateng peroleh ketika berada di destinasi wisata lain, atau mungkin di dalam kamarmu sekarang, wkwkwk, ngejek nih!

Untuk Sobat Mata Jateng ketahui, bahwa berdasarkan garis historisnya, Candi Sari ini adalah salah satu dari banyaknya candi Hindu yang ada di Indonesia! Karakteristiknya pun cukup berbeda dibandingkan candi lainnya, misalnya yaitu Candi Sari ini berdiri di atas bukit, Sobat!

BACA JUGA: Ngeri–Ngeri Sedap : Self–Healing di Air Terjun Tawangmangu


Oh iya, Candi Sari ini juga dipercaya sebagai sumber mata air untuk kehidupan yang besar bagi masyarakat setempat di sana lhoo, dan karena itulah objek wisata satu ini juga sangat dikeramatkan dan ditakzimkan oleh warga di sekitar. Bahkan nih ya, beberapa warga dis ana juga sangat memegang kepercayaan dan keyakinan tertentu demi menjaga kelestarian situs bersejarah yang nilainya luar biasa ini.

Ditelisik dari garis sejarahnya lagi, Candi Sari ini ditemukan pertama kali pada tahun 1967. Kalau Sobat Mata Jateng besok pergi ke sana, bisa ditemukan tuh bahwa tidak jauh dari candi ini ada sebuah poho beringin besar yang cukup buat menaungi lokasi hingga membuatnya tampak lagi-lagi adem-ayem, duhh meneduhkan banget yaakk.

Namun sayangnya nih Sobat Mata Jateng, garis sejarah hanya cukup memberitakan sampai detil itu saja, sebab tidak diketahui secara pasti dan lebih detil lagi alasan kenapa Candi Sari ini hanya berupa pondasi candi dan bebatuan penyusunnya yang sekarang segitu, atau ya tampak tidak lengkap.

Hmmm... (Dyah)

Editor: Lila
    Bagikan  

Berita Terkait