Mengingat Kembali Sejarah dan Kemegahan Candi Prambanan

Panduan wisata —Minggu, 8 Aug 2021 09:33
    Bagikan  
Mengingat Kembali Sejarah dan Kemegahan Candi Prambanan
Image/Pinterest

YOGYAKARTA, MATAJATENG

Halo! Halo! Siapa yang masih ingat pelajaran Sejarah atau IPS SD nih? Walah , di luar pelajaran pun kalau Sobat Mata Jateng tidak tahu candi hits nan legendaris yang satu ini, behh parah banget wkwk. Canda. Eh btw, memang iya lhoo, saking hitsnya ini candi juga tidak kalah terkenalnya dengan Candi Borobudur. Duhh, memang yaa Indonesia ini kaya sekali, sudah seharusnya kita sebagai putra-putri bangsa ini saling menjaga satu sama lain, mengharga setiap nilai dan warisan yang kita punya. Duhh keren, plus bangga banget pokoknya!

Iya nih, Sobat Mata Jateng. Seperti yang kita ketahui kan bahwa Candi Prambanan ini juga salahs atu candi di Indoensia yang sangat terkenal, bahkan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991, ya di samping Candi Borobudur yang juga ditetapkan sama UNESCO juga sbagai keajaiban dunia. Bedanya sih memang, Borobudur kan itu candi khas umat Budha, sedangkan kalau Candi Prambanan ini kebanggaan umat Hindu khususnya, dan tentu dong kita semua juga kan ya?

Eh eh, tahu nggak Sobat Mata Jateng, kalau nyatanya lokasi kedua candi ini yang sama-sama berada di provinsi Jawa Tengah telah membuktikan lho bahwa umat Buddha dan Hindu itu dari dulu hidupnya rukun adem ayem tentram alias gemah ripah loh jenawi mah. Sudah seharusnya kita mencontoh dan selalu meningkatkan nilai toleransi antar agama di nusantara nih, dan kedua candi ini juga jadi saksi sejarahnya. Keren banget ya!

BACA JUGA: Pulau Panjang Jepara, Potongan Surga Kecil di Indonesia


Dan tentu juga, dengan adanya kedua candi ini turut menjadi bukti bahwa kemajuan epradaban manusia dulu itu sudah oke banget dalam membangun candi-candi megah nan eksotik begini lho ! Khususnya nih, kalau anak jurusan arsitektur alias fakultas teknik, pasti tahu dan mafhum banget lah ya! Apalagi zaman dulu kan umumnya masyarakat belum mengakses teknologi canggih seperti zaman sekarang! Duh, kita yang anak zaman sekarang jangan mau kalah dongg , ayo semakin berkreasi tanpa batas, berkarya berkarya. Kalau kata Pak Presiden Jokowi kan: ”kerja, kerja, kerja!” Hehehe...


Bicara tentang sejarah Candi Prambanan pun rasanya nggak pernah hambar dan basi ya, Sobat Mata Jateng. Kita pun sudah paham betul bagaimana Roro Jonggrang meminta kepada Bandung Bondowoso untuk dibuatkan candi ini, sebagai syarat untuk dapat menikahinya. Hmm , tapi akhirnya ditolak juga mah alhasil kurang satu kan ya. Duhh, Sobat Mata Jateng bisa mengambil ibrahnya nih. Kira-kira apa coba ibrahnya, tebak?

Yapz, untuk tidak memberikan kesempatan kalau pada dasarnya dari dalam lubuk hati kita sudah menolak. Kan jadi kasihan si pemohon kan ya. Hmm. Baik-baik. Lanjut lagi kita.

BACA JUGA: Ramalan Zodiak Minggu 8 Agustus 2021 Gemini Mengumpulkan Uang Lebih Banyak, Virgo Tidak Alami Masalah Keuangan


Oh ya, Sobat Mata Jateng sudah pernah ke sini belum sih? Kalau belum, perlu banget nih diketahui, kalau ternyata selain menceritakan tentang kisah Rorojonggrang yang abadi dari generasi ke generasi, Candi Prambanan ini juga turut menceritakan tentang dua kisah fenomenal lainnya lho dalam hikayat umat Hindu, yaitu Ramayanan dan Khrisnayana.

Relief ini pun berlokasi di dinding sebelah dalam tepatnya dari pagar yang mengelilingi Candi Trimurti di sana. Adapun untuk relief Ramayanan sendiri itu menceritakan secara gamblang tentang bagaimana perjuangan Rama yang pernah dibantu Hanoman untuk berhasil merebut Shinta istrinya. Shinta istrinya ini telah diculik Rahwana, makanya harus dibebaskan. Ya iya dong, masak istri sendiri dibiarin direbut orang.

Hehehe, Admin lucu deh ya! Nah, untuk Khrisnayana sendiri, relief ini turut menceritakan tentang perjalanan hidup Khrisna, yaitu sebagai awatara atau reinkarnasi dari Dewa Wishnu. (Dyah)

Editor: Lila
    Bagikan  

Berita Terkait