Di Candi Sari, Kamu Bisa Belajar Peduli Kesehatan Mata

Panduan wisata —Senin, 9 Aug 2021 11:38
    Bagikan  
Di Candi Sari, Kamu Bisa Belajar Peduli Kesehatan Mata
Image/Pinterest

BOYOLALI, MATAJATENG

Ada sebuah pemandangan sejuk yang berlokasi di kabupaten Boyolali, tepatnya di provinsi Jawa Tengah. Lebih tepatnya lagi wisata ini berada di lokasi Candi Sari, yang berada di Desa Gedangan, kecamatan Cepogo. Dengan tempatnya yang sejuk, bersih, pengunjung pun banyak yang mengatakan betah menikmati panorama hijau tanaman tembakau yang terhampar luas di sana. Seperti halnya pada Maret sampai September setiap tahunnya, di sini pun tembakau akan dijadikan sebagai tanaman andalan di area perkebunan wilayah Cepogo dan Gedangan ini.

Jika Sobat Mata Jateng berkunjung ke sini, Sobat bisa menyaksikan bahwa hampir di setiap kebun yang ada di sepanjang jalur menuju lokasi Candi Sari ini, atau di kawasan kebun-kebun lain yang terdapat di Desa Gedangan ini akan tampak tumpukan tanaman berdaun lebar, yang mana dari tanaman tersebutlah akan diproduksi menjadi rokok!

BACA JUGA: Mengingat Kembali Sejarah dan Kemegahan Candi Prambanan


Nah, kalau mengunjungi tempat ini saat masa panennya tembakau apalagi, Sobat akan dipastikan bisa menyaksikan para petani yang gigih deh dalam mengolah dan memproduksi hasil bumi mereka. Lalu, perlu Sobat Mata Jateng ketahui juga, bahwa di wilayah Cepogo ini terutamanya ada lima desa lho yang menjadi sumber penghasil tembakau di sana. Nama desanya ialah desa Jombong, desa Wonodoyo, Sukabumi, Gedangan, dan Genting. Kelima desa inilah yang dijadikan sandaran para petani untuk mampu memproduksi tembakau untuk nantinya dapat dijadikan rokok, dan itu dari total lima belas desa yang ada di sana.

Adapun kalau Sobat lihat lagi, ada pula tanaman tembakau yang tumbuh di sektiaran lokasi Candi Sari, tapi itu tembakaunya yang masih berumur sektiar tiga bulanan, dan biasanya harus menunggu panen yang umumnya datang di saat bulan Agustus hingga September mendatang.

BACA JUGA: Wahana Puri Maerokoco (Grand Maerakaca): Belajar Mencintai Negeri Sendiri


Lebih lanjut, di saat panen tiba nanti, pastinya aktivitas para petani sangat disibukkan dalam kesehariannya. Kenapa tidak, coba? Mulai dari adanya proses pemetikan, pengeringan, sampai perajangan pun akan mereka lalui. Super sekali para Bapak dan Ibu kita ya.

Nah, ada juga hal unik yang perlu diketahui lagi nih oleh Sobat Mata Jateng! Apa? Tidak laind an tidak bukan ialah dengan berdirinya sebuah tugu yang dinamakan Tugu Tembakau. Tugu ini dibangun untuk memperkuat eksistensi wilayah lereng Merapi-Merbabu seagai wilayah yang menghasilkan tembakau.


Adapun berdirinya tugu ini terletak di wilayah Cepogonya sendiri lho, Sobat. Letaknya bisa ditemui di tepi jalan utama Boyolali-Selo, atau ya di Dukuh Petak, Desa Genting, Kecamatan Cepogo, kabupaten Boyolali ini. Kalau Sobat berdiri tuh di lokasi Tugu Tembakau, maka Sobat bisa dengan leluasa menyaksikan teduhnya netra karena bertubrukan dengan hamparau kebun tembakau luas yang berserak di depan mata Sobat, hehehe.

Perlu digaris-bawahi juga bahwasanya pada bulan Maret hingga September-lah tembakau ini dapat dijadikan tanaman kebun andalah di desa Cepogo, hal ini dikarenakan saat musim kemarau tiba hanya tanaman tembakau yang dapat bertahan hidup dan kemudian mampu diolah.

Adapun di bulan-bulan selanjutnya ketika tembakau sudah dipanen semua, tentu petani akan memutar otak dan mencari ide lain untuk menanam tanaman lainnya yang akan mendatangkan pundi rupiah ke kantong mereka. Yah, juga sekadar menyambung hidup juga, layaknya menanam bawang merah.

Yang pastinya adem sekali lah ya, ketika bisa membentangkan horizon mata kita ke area kebun tembakau yang bersebelahan dengan lokasi Candi Sari ini!


Nikmat Tuhan mana lagi yang engkau dustakan, Sobat Mata Jateng? :)) (Dyah)

Editor: Lila
    Bagikan  

Berita Terkait