Menikmati Keindahan, Sekaligus Misteri di Pantai Karang Bolong Kebumen

Panduan wisata —Jumat, 13 Aug 2021 14:13
    Bagikan  
Menikmati Keindahan, Sekaligus Misteri di Pantai Karang Bolong Kebumen
Image/Pinterest

KEBUMEN, MATAJATENG

Ada sebuah pantai yang sangat indah dan bahkan selalu menjadi idaman sekaligus buruan bagi para pengunjung, baik itu wisatawan doemstik maupun mancanegara. Ada yang bsia tebak Sobat Mata Jateng, ini pantai apa? Okay, clue-nya ialah ia terletak di provinsi Jawa Tengah, tepatnya di daerah Kebumen. Hohoohoo, pantai apa ya namanya?

Haaahh! Benar sekaliii. Namanya ialah Pantai Karang Bolong! Yapz, Sobat Mata Jateng, ini pantai tuh sudah punya nilai popularitas tersendiri lho di mata rakyat Jawa Tqengah, terutama di daerah Kebumen sana. Apa enggak coba, alhasil pantai ini tuh ya banyak banget dikelilingi bukit dan rerimbunan hijau-hijauan di sekitarnya. Di area pantai ini pun juga terdapat sebuah goa lho Sobat, namanya juga Goa Karang Bolong, dan sering dijadikan lokasi tempat tinggalnya burung walet membuat sarangnya. Adapun posisinya lebih tepat berada di sebelah timur pantai Karang Bolongnya sendiri yak, Sobat.

Pokoknya, ini pantai benar-benar masiht erjada deh keasriannya, plus pasir pantai di sana itu juga bersih, dan di tengahnya ada sebuah patung unik lho yang berwarna keemasan gitu. Terus di sekitarnya juga penuh semarak kehidupan, yah seperti barisan dan jejeran warung-warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman sederhana a la wisata pantai.

Iya sih, di sisi lain, pasti Sobat Mata Jateng sudah mafhum betul ya, kalau nama pantai Karang Bolong ini juga dimiliki nih oleh beberapa pantai di daerah lain, sebut saja misalnya pantai yang ada di provinsi Banten dan di Sukabumi. Tapi bagaimanapun, kali ini Mimin pinginnya pokoknya kita cerita seru-seruan tentang Pantai Karang Bolong yang di Kebumen ya, Sobat. Yuk, dibaca lagi... Hehehe...

Baca juga: Ramalan Zodiak Jumat 13 Agustus 2021 Taurus Alami Pegal-Pegal, Virgo Terlalu Lelah dan Butuh Istirahat Total

Baca juga: Apakah Kamu Pernah Jatuh Cinta dengan Umbul Ponggok?


Iya, jadi kalau Sobat mau berkunjung menikmati keindahan pesona pantai ini bisa cus langsung datang saja deh ke Desa Karang Bolong-nya, itu pastinya ada di kecamatan Buayan, kabupaten Kebumen, di provinsi Jawa Tengah. Rute menuju ke sana juga mudah banget kok. Sobat tinggal jalan dari Yogyakarta nih ya misalnya, lalu langsung menuju Jalan Deandles, terus ke arah Pantai Suwuk dan bisa melewati alun-alun Karang Bolong. Nah, setelah itu Sobat bakal mendapati pertigaan, belok saja ke arah anan yak. Ketika berada di jalur itu, pasti deh Sobat bakal menemukan lokasi Pantai Karang Bolong Kebumen ini. Mudah kan ya?

Nah, tapi harus perhatikan juga jam kunjungan ke pantai ini ya. Jangan malam-malam juga kali. Ihh, serem atuh... Hehee. Nah, Sobat pokoknya bisa kapan saja datang di antara rentang waktu mulai pukul 009.00 sampai 17.00 yakk, dan hari Senin sampai Minggu pun pantai ini tetap buka lhoo.

Hmm, tapi PPKM kali ini mungkin ada penyesuaian kali ya, Sobat? Okay, bisalah tuh dikondisikan alias ditanyakan lagi ya ke pihak penjaga pantai atau masyarakat setempatnya.( Oh iya, pada umumnya nih, untuk biaya tiket masuk per orang itu cukup Rp 5000 saja lho, Sobat Mata Jateng. Tapi lain cerita kalau Sobat bawa motor atau mobil, yang membuat Sobat tentunya harus memarkirkan kendaraan secara tertib ya. Nah, itu untuk biaya parkir motor sendiri cukup Rp 5000 juga, sedangkan mobil nih Rp 10.000 ya, Sobat.

Adapun untuk fasiltias sendiri ini tuh sudah lengkap banget, ya seperti ada lahan parkir tadi, terus ada kamar mandi juga lho, gazebo juga ada, mushola, plus warung makan-minum. Meski begitu nih Sobat, pantai ini juga nggak lepas lho dari mitos masyarakat setempat. Nah, salah satu ceritanya ialah yang mengisahkan tentang betapa keramatnya juga area sarang burung walet tersebut, sehingga masyarakat di sana punya tradisi ketika mengunduh sarang burung walet itu mesti melakukan upacara adat yang bertujuan untuk meminta keselamatan dan berkah pada Tuhan YMK, dan itu melalui penghormatan dan izin kepada para leluhur yang ” mbahureksa ” atau sebutan bagi penunggu pantai Karang Bolong sendiri.

Duhh, kenapa bulu roma bergidik ya? Apapun yang terjadi, tetap patuhi tata krama setempat ya, Sobat Mata Jateng!

Sehat selaluuuu, muahhh. (Dyah)

Editor: Lila
    Bagikan  

Berita Terkait